Kelas VI Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 3 ( Indahnya Nama - Nama Allah SWT )

 

1.      As – Shamad

Anak-anak, tahukah arti kata Ash – Shamad ?

Ash – Shamad artinya Maha Dibutuhkan (tempat meminta). Allah Swt. Maha Dibutuhkan, Allah Swt. menjadi tempat manusia bersandar. Manusia harus mengakui sifat Maha Dibutuhkannya Allah Swt. dalam perilaku sehari-hari. Kita suka memberikan bantuan seperti AllahSwt. senantiasa membantu kita.

Anak-anak, pernahkah kalian melihat kumpulan semut yang menggotong makanan bersama-sama? Kita jangan kalah dengan semut. Kawanan semut sangat peduli terhadap beban kawannya. Bahkan, ketika bertemu dengan sesamanya, semut selalu menyapa. Perilaku semut ini dapat kita ambil pelajaran. Betapa indahnya kita bertemu dengan kawan saling menyapa dan membantu.

2.      Al – Muqtadir

Arti Al Mutadir adalah Maha Kuasa Allah SWT. Maha Kuasa alam semesta beserta isinya adalah di bawah kekuasaan Allah SWT. Seperti gunung – gunung yang berdiri tegak, sungai – sungai yang panjang berliku, tanaman, binatang yang ada di darat dan di laut beraneka rupa. Oleh sebab itu, kita tidak boleh sombong, kita harus merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Kita harus menyadari bahwa semua apa yang kita perbuat tergantung dari kuada Allah SWT kita tidak bisa apa – apa, kecuali bila itu dikehendaki oleh Allah SWT segala bentuk keberhasilan yang kita capai terjadi atas kuasa Allah SWT dan begitu pula terhadap apa yang tidak kita harapkan, kita harus sabar dan ikhlas menerimanya.

3.      Al – Muqaddim

Arti Al Muqaddim adalah Maha Mendahulukan. Artinya Allah SWT Maha Mendahulukan atas apa yang diciptakan-Nya. Kita sudah tahu kursi atau meja yang ada di rumah atau di sekolah. Kursi dan meja dibuat oleh tukang kayu. Siapakah yang lebih dulu ada, tukang kayu atau kursi dan meja? Tentu saja tukang kayu lebih dulu ada daripada kursi dan meja. Begitu juga Allah SWT lebih dulu ada dari pada makhluk ciptaannya.

4.      Al – Baaqi

Arti Al – Baaqi adalah Yang Maha Kekal. Ada peristiwa, gunung api meletus, banjir bandang, banjir dan kekerasan yang merusak lingkungan. Hal itu menandakan segala sesuatu di atas bumi ini tidak kekal. Sedangkan Allah SWT. Maha Kekal. Manusia juga tidak kekal. Lihat saja proses manusia dari lahir sampai dengan meninggal.


TUGAS!!!

Mengerjakan LKS AL HIKMAH Halaman 24 !!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )