Kelas V Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 2 ( Mengenal Nama Nama Allah SWT dan Kitab Kitab-Nya )

 Perintah Beriman Kepada Kitab – Kitab Allah SWT

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ ءَامِنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلَّذِيٓ أَنزَلَ مِن قَبۡلُۚ وَمَن يَكۡفُرۡ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ فَقَدۡ ضَلَّ ضَلَٰلَۢا بَعِيدًا

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.

Kitab suci adalah firman firman Allah SWT yang dibukukan. Kitab suci berisi tentang ketentuan, perintah, larangan, petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia, demi mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat kelak. Kitab suci disebut juga kalamullah. Percaya adanya kitab – kitab Allah SWT merupakan rukum iman yang ketiga. Iman kepada kitab suci artinya percaya dan meyakini bahwa Allah SWT menurunkan kitab suci kepada rasul – rasulNya.

Allah SWT menyuruh manusia beriman kepada kitab al – qur’an dan kepada kitab – kitab yang diturunan kepada para rasul sebelumnya. Jika tidak beriman kepada kitab – kitab itu, maka orang itu tergolong orang yang sesat.

Bagaimana cara beriman kepada kitab – kitab Allah SWT itu ?

Caranya adalah dengan meyakini bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab – kitab-Nya kepada para Rasul melalui perantara malaikat jibril. Kitab – kitab tersebut harus dijadikan pedoman hidup untuk menuntun dan mengatur car akita bersikap dan berperilaku, guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, diberi amanah sebagai penguasa ( khalifah ) di muka bumi ini. Untuk hal tersebut Allah SWT membekali manusia dengan akal pikiran, agar manusia dapat berdaya upaya untuk dapat berkreatifitas mengambil manfaat apa yang ada di muka bumi ini. Allah SWT juga membekali manusia dengan nafsu agar manusia dapat mempertahankan kehidupannya. Di samping itu untuk dapat menjalankan amanah dengan baik di muka bumi ini Allah SWT juga mengutus para Rasul yang mereka diberi wahyu oleh Allah SWT untuk membimbing manusia agar senantiasa berada pada jalan yang benar. Dengan bimbingan para rasul itu manusia dapat mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )