Kelas VI Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 2 ( Ketika Bumi Berhenti Berputar )

 

Bersiap Menghadapi Hari Akhir

Kita sudah tahu bahwa hari akhir pasti ada. Artinya kita semua sudah pasti akan mati. Setelah kematian itu kita dihidupkan lagi oleh Allah SWT yaitu di alam akhirat, kehidupan di akhirat jauh lebih lama jika dibandingkan dengan kehidupan di dunia ini. Kita hidup di akhirat nanti tidak hanya puluhan atau ratusan tahun, bahkan kita hidup disana bisa mencapai milyaran tahun. Oleh karena itu, sungguh sangat merugi bila kita tidak dapat memperoleh kebahagiaan disana. Sangat patutu kiranya sebagai seorang yang menyadari dan meyakini tentang hari akhir untuk selalu mempersiapkan diri menghadapinya, yaitu mempersiapkan agar kelak dapat memperoleh kebahagiaan.

Dalam salah satu hadistnya nabi menjelaskan bahwa dunia ini ladangnya akhirat, artinya merupakan tempat untuk menanam yang hasilnya akan kita petik pada hari akhir nanti. Sungguh sangat disayangkan apabila seseorang tidak mempersiapkan dirinya ketika di dunia ini untuk kebahagiaannya di akhirat. Bagaimana tidak, kehidupan di akhirat jauh lebih lama dan lebih panjang masanya, dan disana kita akan menerima sesuai dengan apa yang kita lakukan di dunia sekarang ini. Bila sekarang kita menanam yang baik maka kelak kita akan memperoleh kebahagiaan di surga (Jannah). Surge adalah tempat menyenangkan yang diperuntukkan bagi orang orang yang beriman, bertaqwa dan beramal shaleh. Tingkatan dan nama nama surge antara lain : Surga Firdaus, surge ‘Adn, surga Na’im, surga Khuldi, surga Ma’wa, Darul Jalal, Darul Qarar, Darus salam. Sebaliknya bila sekarang kita menanam yang jelek maka kelas kita akan memperoleh kesengsaraan di neraka (Annar) Nama nama neraka antara lain : Jahannam, Wail, Khuthamah, Sa’ir, Saqar, Jahim, Hawiyah.

Dalam rangka mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat, maka persiapan yang baik dan benar adalah taqwa. Bertaqwa adalah menjalankan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Dalam menjalankan perintah kita harus berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, dan da;am menjauhi larangan harus kita lakukan dengan sepenuh hati artinya sekecil apapun larangan itu harus kita tinggalkan, jangan sampai kita meremehkannya. Alaah SWT menjanjikan kepada orang yang mau bertaqwa, akan diberi kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )