Kelas V Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 2 ( Mengenal Nama Allah SWT dan Kitab - Kitab-Nnya )

 

Nama – Nama Lain Al – Qur’an

1.       Al – Kitab artinya buku / kitab

Disebut al – Kitab memang al – Qur’an adalah sebuah kitab/buku. Al – Kitab juga berarti yang ditulis.

2.       Al – Bayan artinya penjelas

Disebut al – Bayan karena al – Qur’an menjadi penjelas terhadap perkara – perkara yang pada saat itu dipertanyakan oleh banyak orang, seperti tentang adanya hari akhir, tentang kisah sebenarnya Nabi Isa AS dan lain – lain.

3.       Al – Furqan artinya pembeda

Disebut al – Furqan karena al – Qur’an menjadi pembeda, dan sebagai petunjuk untuk memudahkan kita membedakan antara yang benar dan yang salah, antara yang haq dan yang bathil.

4.       Adz – Dzikir artinya pengingat

Disebut Adz – dzikr karena di dalam al – Qur’an banyak sekali peringatan – peringatan kepada umat manusia yang tidak mau beriman atau orang yang berbuat kejahatan, bahwa mereka di akhirat nanti akan mendapat siksaan yang pedih.

5.       Asy – Syifa’ artinya obat

Disebuat Asy – syifa’ karena Al – Qur’an dapat menjadi obat bagi orang yang mau membaca al – Qur’an apalagi mau memahaminya. Orang yang memahami dan mau mengamalkan al – Qur’an akan memperoleh keterangan lahir dan batin. Keterangan lahir dan batin adalah pangkal dari kesehatan baik jasmani dan rohani. Di samping itu bila petunjuk al – Qur’an selalu diikuti maka seseorang akan memperoleh kesehatan jasmani dan rohani, sebab apapun yang diperintahkan al – Qur’an akan membawa kebaikan kepada pengikutnya, dan apapun yang dilarang oleh al –Qur’an akan membawa mudharat apabila dilanggarnya.

Al – Qur’an merupakan kitab suci yang terakhir, begitu pula rasul yang menerima kitab suci yaitu Nabi Muhammad SAW merupakan nabi yang terakhir, maka setelah al – Qur’an tidak ada lagi seorang nabi juga tidak ada lagi kitab suci. Bila ada orang yang mengaku sebagai seorang nabi setelah Nabi Muhammad SAW maka itu bohong, dan kitab suci yang dibawanya adalah kitab suci palsu.

Memang sejak Nabi Muhammad SAW wafat sampai sekarang sudah banyak sekali orang yang mengaku mendapat wahyu dari Allah SWT. Kita sebagai orang yang beriman tidak boleh percaya terhadap kenabian seseorang setelah Nabi Muhammad SAW. Orang yang mempercayai adanya nabi setelah Nabi Muhammad SAW tergolong murtad, yaitu orang yang keluar dari agama Islam dan kelak di akhirat dia akan masuk neraka.

TUGAS!!!

Mengerjakan Seluruh Latihan di LKS Al Hikmah Pembelajaran 2 !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )