Kelas I Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 4 ( Bersih itu Sehat )

Bersih Itu Sehat

1.       Arti Bersuci

Bersuci disebut juga Thaharah. Bersuci adalah menghilangkan hadats dan najis ( kotoran ). Yang termasuk hadats adalah buang air besar atau kecil, kentut, tidur pulas, bersentuhan laki laki dan perempuan yang bukan muhrim. Dan yang termasuk najis adalah kotoran hewan dan manusia, air kencing, darah, bangkai dan minuman keras.

Seorang muslim hendaknya senantiada menjaga kesucian. Allah SWT mencintai orang yang suci. Bersuci dengan air harus dengan air suci mensucikan. Air suci mensucikan misalnya air hujan, air sumur, air laut, air embun, air sumber dan air sungai. Firman Allah SWT dalam Al – Qur’an :

وَيَسۡ‍َٔلُونَكَ عَنِ ٱلۡمَحِيضِۖ قُلۡ هُوَ أَذٗى فَٱعۡتَزِلُواْ ٱلنِّسَآءَ فِي ٱلۡمَحِيضِ وَلَا تَقۡرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطۡهُرۡنَۖ فَإِذَا تَطَهَّرۡنَ فَأۡتُوهُنَّ مِنۡ حَيۡثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلۡمُتَطَهِّرِينَ

Artinya :

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

2.       Macam – Macam Bersuci

·         Mandi

Mandi adalah membersihkan kotoran yang melekat pada badan. Mandi menggunakan air bersih dan suci. Selesai mandi keringkan badan dengan handuk. Dengan mandi badan menjadi segar dan sehat kembali.

·         Istinjak

Istinjak adalah membersihkan kotoran yang keluar dari kubul dan dubur. Kubul adalah tempat keluarnya buang air kecil atau air kencing. Dubur adalah tempat keluarnya buang air besar dan kentut.

Setelah buang air besar dan buang air kecil, bersihkan kubul dan dubur dengan air, sampai bersih hingga hilang bau dan warnanya. Gunakanlah tangan sebelah kiri. Jika tidak ada air dapat menggunakan alat yang lain. Misalnya : batu, tanah yang keras, kayu, daun, tisu atau kertas.

3.       Aku Senang Bersuci

a.       Aku senang mandi bila badanku kotor

b.      Aku senang mencuci tangan bila akan makan

c.       Aku senang membersihkan tempat shalat

d.      Aku senang mencuci pakaian

e.      Aku senang membersihkan rumah

TUGAS!!!

Mengerjakan LKS AL HIKMAH HALAMAN 32 – 33 ! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )