Tugas Kelas V Pendidikan Agama Islam ( Mengenal Nama Allah SWT dan Kitab Kitab-Nya )

Mengenal Allah Swt melalui Asmaul Husna

Sudah menjadi kebiasaan, apabila kita ingin mengenal sesuatu, misalnya mengenali orang, hewa, tumbuhan, dan benda alam lainnya, yang pertama ditanyakan adalah namanya. Melalui nama itu kita mengenal sesuatu. Demikian juga halnya Tuhan. Siapakah Tuhan? Agama Islam menyebut-Nya Allah Swt.

Untuk mrngrnal lebih jauh, siapa Allah Swt, jawabannya ada pada Asmaul Husna. Oleh karena itu, Allah SWT mewahyukan nama-Nya kepada manusia melalui kitab suci al-Quran. Disana disebutkan nama-nama Allah Swt sebanyak 99 nama atau disebut dengan Asmaul Husna yaitu nama-nama yang baikdan indah. Adapun pelajaran Asmaul Husna di kelas 5 ini, dibatasi hanya 4 Asmaul Husna, yaitu al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad. Uraiannya sbagai berikut.

AL-Mumit mengandung arti Yang Maha Mematikan. Allah Swt telah berfirman: “Setiap yang bernyawa pasti mati”. Oleh karna itu, kematian tidak dapat dihindari manusia. Kematian bukanlah sesuatu yang ditakuti, akan tetapi kematian adalah tangga menuju kebahagiaan abadi. Yang terpenting bagi kita adalah agar kita selalu menyiapkan diri menghadapi kematian itu. Dan sebaik-baik persiapan adalah taqwa.

TUGAS!!!

1. Mencari contoh bentuk sikap keteladanan kepada sifat Allah SWT ( Al Mumit ) sebagai seorang siswa yang baik di sekolah, minimal 5 contoh!

2. Ditulis dibuku tulis masing - masing siswa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )