Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Nabi Muhammad SAW Teladanku

A.    Sikap Jujur Nabi Muhammad SAW

Jujur adalah berkata sesuai dengan kenyataan. Perilaku jujur termasuk akhlak terpuji. Perilaku jujur dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jujur dalam perkataan, jujur dalam perbuatan. Sejak kecil, Nabi Muhammad SAW memiliki sifat jujur. Beliau dikenal sebagai pedagang yang jujur, juga di kenal sebagai pemimpin yang jujur. Karena kejujurannya Nabi Muhammad SAW mendapat gelar Al – Amin. Al Amin artinya orang yang dapat dipercaya atau jujur. Nabi Muhammad SAW menyuruh kita selalu bersikap jujur. Jujur kepada Allah kepada diri kita sendiri. Jujur kepada orang tua, kepada guru, dan kepada semua orang.

B.     Keuntungan Bersikap Jujur

Dalam hidup kita sehari – hari kita membiasakan berperilaku jujur. Karena orang yang jujur akan mudak memperoleh kebaikan. Dan kebaikan itulah yang akan menuntun kita masuk surge. Orang jujur disayang Allah, disenangi orang tua dan guru, dan punya banyak teman. Jujur akan membawa kebaikan. Dengan jujur, kita akan dipercaya orang. Sehingga mudah untuk mencari hubungan. Baik yang berhubungan dengan karir maupun pekerjaan.  Nabi Muhammad SAW bersabda :

Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur - Kita Punya

Artinya : “Sesungguhnya ash shidq (kejujuran) itu menunjukkan kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu menunjukkan ke surga”

Keuntungan berperilaku jujur :

1.      Dicintai Allah SWT

2.      Disayangi sesame manusia

3.      Dipercaya sesame manusia

4.      Hatinya tenang

5.      Mudah melakukan kebaikan

6.      Di akhirat masuk surga

C.    Lawan Kata Jujur

Orang yang curang atau bohong di akhirat masuk neraka. Curang akan membawa seseorang untuk melakukan kejelekan/kejahatan. Dan kejahatan itulah yang akan membawanya ke neraka. Kita tidak boleh bohong kepada siapapun. Walaupun kepada adik yang masing kecil. Apalagi kepada orang tua, guru dan teman. Kita pasti merasa sakit hati bila dibohongi. Oleh karena itu, kita hendaknya juga tidak berbohong. Agar tidak membuat sakit hati orang lain. Kerugian perilaku bohong atau curang antara lain :

1.      Dimurkai Allah SWT

2.      Hilangnya kepercayaan

3.      Dibenci orang

4.      Hatinya gelisah

5.      Mudah terjerumus pada kejelekan

6.      Di akhirat masuk neraka


TUGAS!!!!

MOHON DIKERJAKAN SEMUA LATIHAN SOAL DI LKS AL HIKMAH MATERI ( NABI MUHAMMAD SAW TELADANKU )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )