Kelas VI Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 4 ( Ayo Membayar Zakat )

Memahami Makna Zakat

Setiap bulan Ramadhan Riri selalu mengajak Fadil adiknya untuk membayar zakat di masjid dekat rumahnya. “Fadil, yuk kita siap-siap pergi ke masjid untuk membayar zakat fitrah.” Ajak Riri kepada adiknya. Fadil masih sennag bermain mobil-mobilan, sehingga enggan menyahut. Kemudian Riri menghampiri Fadil sambil berujar, “Fadil, ayo dong siap-siap ke masjid untuk membayar zakat fitrah.” “Iya kakak, Fadil ingat sekarang sudah akhir bulan Ramadhan.”

Riri dan Fadil membawa 2,5 kg beras yang sudah dipersiapkan ibunya. Kedua kakak beradik yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu mohon izin kepada ibunya untuk ke masjid membayar zakat fitrah. “Bu, Riri dan Fadil berangkat ke masjid.” Ujar Riri kepada ibunya yang sedang menjahit. “Hati-hati di jalan ya nak.” Pesan ibunya kepada Riri dan Fadil. Riri dan Fadil menuju masjid Al-Barakah, untuk membayar zakat fitrah. Ditengah jalan Fadil bertanya kepada kakaknya, “Kak, aku belum mengerti zakat itu apa?” Tanya Fadil yang baru duduk di kelas 3 kepada kakaknya Riri yang sudah duduk di kelas 6 SD. “Kata Bu Guru agama kita, menurut bahasa zakat bermakna membersihkan. Sedangkan, menurut istilah, zakat adalah ukuran harta tertentu yang wajib dikeluarkan kepada orang yang berhak menerima dengan beberapa syarat sesuai dengan syraiat islam. Orang yang mengeluarkan zakat disebut Muzaki, sedangkan orang-orang yang menerima zakat disebut Mustahiq. Membayar zakat termasuk rukun islam yang ketiga. Perintah zakat turun pada tahun 2 Hijriyah. Jadi, zakat itu wajib dikeluarkan oleh umat islam untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya.” Jawab Riri. “Oh begitu ya kak, tapi kenapa kita harus membayar zakat?” Tanya Fadil lagi kepada kakaknya, “kata Bu Guru, setiap umat islam yang mampu wajib membayar zakat.” “kok kita sekarang membayar zakat fitrah? Kan kita belum mampu mencari uang?” “kata Bu Guru, zakat fitrah itu untuk membersihkan diri dan jiwa kita. Lagi pula yang menanggung zakat fitrah itu orang tua kita.” “Oh begitu ya kak” ucap Fadil. “Fadil, ayo masuk ke masjid” ajak Riri kepada adiknya untuk masuk ke masjid. Di dalam masjid sudah banyak orang yang ingin membayar zakat kepada panitia zakat.

B.     Macam-macam Zakat

Mengeluarkan zakat hukumnya wajib bagi umat islam yang mampu. Kewajiban umat islam bukan hanya mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri, akan tetapi mengeluarkan zakat mal (zakat harta) bila telah mencapai batas jumlah tertentu dalam satu tahun (nishab).

1.      Zakat Fitrah

a.      Pengertian Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah zakat badan atau jiwa berupa makanan pokok yang wajib dikeluarkan setiap orang islam dewasa maupun anak-anak menjelang Idul Fitri. Tujuan zakat fitrah adalah untuk mensucikan diri.

b.      Jenis dan Jumlah benda yang difitrahkan

Zakat Fitrah berupa beras atau bahan makanan pokok lainnya sebesar 2,5 kilogram atau 3,1 liter (sha’) tiap orang. Beras atau bahan makanan pokok yang tela terkumpul tersebut akan dibagikan oleh amil zakat (petugas pengumpul zakat) kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Biasanya para amil zakat membagikan zakat fitrah menjelang Idul Fitri, agar orang-orang yang tidak mampu dapat bergembira bersama menikmati Hari Raya Idul Fitri. Jadi, zakat fitrah sangat menolong orang yang tidak mampu (baik mereka yang meminta maupun yang tidak meminta). Kita juga ikut menggembirakan mereka untuk bersama-sama merayakan Idul Fitri.

c.       Waktu membayar zakat

1.      Waktu yang diperbolehkan (waktu jawaz) yaitu dari awal Ramadhan sampai akhir Ramadhan

2.      Waktu wajib yaitu mulai terbenamnya matahari penghabisan bulan Ramadhan

3.      Waktu yang lebih baik (sunnah) yaitu sesudah shalat shubuh sebelum pergi shalat Idul Fitri

4.      Waktu makruh yaitu sesudah shalat Hari Raya sampai sebelum terbenam matahari pada Hari Raya

5.      Waktu haram yaitu setelah terbenam matahari Hari Raya.

d.      Orang yang wajib mengeluarkan zakat fitrah

1.      Beragama Islam, laki-laki dan perempuan, sejak usia bayi, anak-anak, atau lanjut usia

2.      Memiliki penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Zakat fitrah untuk anak-anak menjadi tanggung jawab orang tua mereka

3.      Orang itu masih hidup sampai akhir Bulan Ramadhan.

TUGAS!!!

Mengerjakan Latihan Penilaian Tengah Semester LKS AL HIKMAH Halaman 29 - 31 sebagai persiapan UTS !!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )