Kelas II Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 5 ( Hidup Bersih dan Sehat )

 

A.    Bersih dan Sehat

Nabi Muhammad SAW, menyukai kebersihan. Kebersihan menjadi kebiasaan orang beriman. Bersihkanlah dirimu, sesungguhnnya Islam itu bersih. Orang mukmin yang bersih akan sehat. Orang mukmin yang sehat akan kuat dan lebih dicintai oleh Allah Swt. Hidup bersih dengan cara membersihkan badan dan pakaian serta lingkungan sekitar, hidup sehat dengan cara makan dan minum yang teratur. Istirahat, olahraga, ibadah, dan lain-lain. Hidup bersih diperintahkan oleh agama. Baik bersih dari kotoran maupun dari najis. Bersih dari najis disebut suci. Menjaga kesucian bagian dari iman. Banyak orang yang ibadahnya tidak sah karena tidak menjaga kesucian. Hidup bersih termasuk akhlak terpuji. Kebersihan itu pangkal kesehatan. Hidup bersih harus dibiasakan. Orang beriman senantiasa menjaga kebersihan. Bersih badan, pakaian, dan tempat tinggal. Allah Swt mencintai orang yang hidup bersih, terutama bersih dari najis.

Kebersihan badan

Badan kita harus selalu bersih dan suci. Menjaga kebersihan badan dengan cara mandi. Menggunakan air yang bersih dan suci serta mensucikan juga menggunakan sabun mandi. Sedikitnya mandi sehari dua kali, pagi dan sore. Keringkan badan dengan handuk. Jangan lupa menggosok gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi/odol. Setelah mandi badan akan terasa segar dan sehat. Bila badan kita bersih akan disenangi teman.

Kebersihan pakaian

Pakaian berguna untuk melindungi badan. Pakaian yang baik harus menutup aurot. Pakaian kita harus selalu bersih dan suci, supaya badan menjadi sehat. Pakaian yang kotor dan najis harus segera dicuci. Pakaian perlu disetrika agar rapi. Pakaian yang bersih dan suci nyaman dipakai. Agar pakaian harum berilah pewangi.

Sikapku

1.      Bila badanku kotor aku mandi

2.      Bila akan makan aku senang mencuci tangan

3.      Aku membersihkan tempat sholat

4.      Aku makan yang halal dan bergizi agar badanku tumbuh dengan baik

5.      Aku senang berolahraga agar badanku sehat.

TUGAS!!!

Mengerjakan Latihan Soal di seluruh Pembelajaran 4 ( LKS AL HIKMAH )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )