Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 5 ( Shalat Kewajibanku )

 

  Inti Ibadah Shalat

Shalat secara bahasa artinya doa. Shalat adalah ibadah yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Shalat merupakan rukun Islm kedua. Shalat dilaksanakan untuk membuktikan pengabdian diri kita kepada Allah SWT. Melaksanakan shalat berarti memohon ampunan kepada Allah SWT. Shalat merupakan ibadah yang diperhitungkan pertama kali pada hari kiamat. Shalat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Shalat sehari semalam lima kali yaitu Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ dan Shubuh. Shalar fardu sehari semalam 17 rakaat. Sungguh beruntunglah orang yang mengerjakan shalat dengan khusyu’ dan memelihara shalatnya. Mereka akan mewarisi surga Firdaus dan kekal didalamnya.

Shalat merupakan ibadah yang tidak boleh ditinggalkan. Siapa yang rajin melaksanakannya berarti ia telah menegakkan agama Islam. Sebaliknya jika ia meninggalkannya maka sama saja ia telah menghancurkan agama. Rasululah SAW bersabda : “Shalat adalah tiang agama. Siapa yang menegakkan maka berarti ia telah menegakkan agama. Barang siapa yang meninggalkannya maka ia telah merusak agama.”

Shalat berisi doa, harapan dan permohonan taubat. Shalat bisa berfungsi mengarahkan pelakunya menjadi orang baik, yaitu orang yang akan meninggalkan segala larangan Allah SWT. Karenanya, orang yang rajin shalat akan menjadi baik hidupnya, misalnya :

1)      Akan menjadi anak yang disiplin

2)      Akan menghormati waktu dan tidak suka terlambat

3)      Akan mudah berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan

4)      Akan merasakan hidup tenang

Orang Islam yang berkewajiban menjalankan shalat adalah muslim yang sudah akil baligh. Bagi yang belum baligh, tetapi sudah mulai berumur 7 tahun, ibadah shalat seharusnya sudah mulai dibiasakan.

Shalat merupakan ibadah yang diperhitungkan pertama kali setelah hari kiamat tiba. Shalat mencegah perbuatan keji dan munkar.

TUGAS!!

Mengerjakan Seluruh Latihan Soal LKS AL HIKMAH pada Pembelajaran 4 !!1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )