Kelas II Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 5 ( Hidup Bersih dan Sehat )


A.    Peduli Lingkungan

lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita. Agama Islam memerintahkan kepada manusia agar menyayangi lingkungan sekitarnya, baik berupa gunung, sungai, lautan, maupun pepohonan. Karena lingkungan alam memberikan manfaat yang besar bagi kelangsungan hidup umat manusia. Untuk itu kita harus menjaga dan menyayangi lingkungan serta tidak boleh membuat kerusakan. Sebab bila lingkungan alam sekitar rusak dapat menimbulkan bencana seperti banjir, erosi, tanah longsor yang pada akhirnya menyengsarakan hidup kita semua.

Allah berfirman QS Al-Qasas : 77

Artinya : “dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Bila lingkungan kita pelihara dengan baik maka lingkungan sekitar menjadi indah, udara menjadi sejuk, mata air terpelihara, terhindar dari bencana alam, dan kehidupan masyarakat menjadi dami. Lingkungan tempat tinggal kita harus bersih dan bebas dari kotoran dan sampah supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Sikap peduli pada lingkungan dapat kita wujudkan dengan tidak menebang secara liar, tidak mencoret-coret tembok, merawat tanaman dilingkungan rumah atau sekolah dengan baik, membuang sampah ditempatnya, tidak membuang limbah/kotoran di sembarang tempat terutama disungai.

B.     Do’a Makan

Setiap hari manusia perlu makan dan minum. Makan dan minum harus secara teratur, supaya badan kita menjadi sehat. Makan sehari tiga kali pagi, siang, dan malam hari. Tidak boleh makan sambil berjalan, berbicara atau bergurau. Sebelum makan harus mencuci tangan, duduk dan berdo’a agar makan kita memperoleh berkah dari Allah Swt.

Do’a sebelum makan :

bismillahirrahmanirrahim. Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaaban naar

Artinya : ”Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah berkahilah rizqi yang Engkau berikan kepada kami dan jagalah kami dari siksaan api neraka.”

Sesudah makan dan minum, tangan dan mulut hendaknya dibersihkan denga sir, sapu tangan, atau tisu.

Do’a setelah makan :

Al hamdulillahil ladzi ath’amana wasaqaanaa waja’alana minal muslimin.

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makan dan minum dan telah menjadikan kami orang-orang Islam.”

TUGAS!!

Mengerjakan Seluruh Latihan Soal LKS AL HIKMAH pada Pembelajaran 5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )