Tugas Kelas IV Pendidikan Agama Islam ( Beriman Kepada Allah SWT dan Rasul-Nya ) 13 Agustus 2020

Beriman Kepada Allah SWT

Allah SWT menciptakan manusia dibekali dengan diberi akal. Dengan akal sehatnya manusia termasuk kita semua bisa berfikir dan merenung. Merenung terhadap alam semesta ini. Dari perenungan itu semua manusia akan dapat menyimpulkan bahwa alam semesta ini ada yang menciptakan. Ada kekuatan Maha Dahsyat, ada kekuatan Maha Besar dibalik semua yang tampak ini. Kekuatan yang Maha Dahsyat itulah yang  diakui sebagai Tuhan. Manusia dengan akalnya memang mampu mengetahui dan meyakini adanya Tuhan. Namun manusia tidak mampu mengetahui siapa Tuhan itu. Ada yang menganggap Tuhan adalah Matahari, ada yang menganggap Tuhan adalah patung yang besar, ada yang menganggap Tuhan adalah para Dewa.

Dari itu Allah SWT mengutus para Rasul untuk memberi tahu dan membimbing manusia kepada Tuhannya, yaitu kepada Tuhan yang sebenar-benarnya, yaitu Allah SWT yang disebut iman. Iman artinya percaya. Rukun artinya pokok atau dasar. Orang yang beriman disebut mukmin. Iman itu diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan dan dilaksanakan dengan perbuatan. Beriman kepada Allah SWT artinya percaya kepada Allah SWT. Bukti adanya Allah SWT adalah adanya alam semesta beserta seluruh isinya. Adapun rukun iman itu ada enam. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

قَالَ : صَدَقْتَ فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ قَالَ : فَأَخْبِرْنِي عَنِ الإِيْمَانِ قَالَ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

Orang itu berkata, “Engkau benar.” Kami pun heran, ia bertanya lalu membenarkannya. Orang itu berkata lagi, “Beritahukan kepadaku tentang Iman.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada para rasul-Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk.” Orang tadi berkata, “Engkau benar.” (HR. Muslim, no. 8)

Enam rukun iman yaitu :

1.      Iman kepada Allah SWT

2.      Iman kepada malaikat – malaikat Allah SWT

3.      Iman kepada kitab – kitab Allah SWT

4.      Iman kepada Rasul – Rasul Allah SWT

5.      Iman kepada hari akhir / hari kiamat

6.      Iman kepada qada’ dan qadar

Kepada orang yang beriman, Allah SWT menyediakan surga yang penuh kenikmatan. Kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat iman ini, dengan senantiasa rajin beribadah kepada Allah SWT dengan senantiasa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Sebaliknya orang yang tidak percaya dan mengingkari kekuasaan Allah SWT disebut dengan kafir. Kepada orang yang kafir dan tidak beriman, Allah SWT sediakan neraka penuh dengan siksa yang amat pedih.


TUGAS!!!

1. MENGERJAKAN LATIHAN SOAL " AYO BERLATIH " DI LKS AL HIKMAH HALAMAN 12 - 13!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kelas II Pendidikan Agama Islam ( Nabi Muhammad SAW Teladanku ) 06 Agustus 2020

Tugas Kelas III Pendidikan Agama Islam ( Senangnya Belajar Surat An Nashr )

Kelas III Pendidikan Agama Islam Pembelajaran 7 ( Hati Tentram dengan Berperilaku Baik )